Edy Pang

Logo Baru Telkomsel, Versi Saya

Kali ini saya meredesain logo Telkomsel dengan konsep simplifikasi.

Telkomsel adalah perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan basis pengguna lebih dari 170 juta (laporan kuartal II tahun 2020).

Dengan basis pengguna yang besar, saya rasa sekarang adalah waktu yang pas untuk memperbaiki atau mengupdate salah satu inventori brand-nya. Yakni logo. Konsepnya tentu jangan mengubah secara keseluruhan. Tetapi cukup simplifikasi. Agar lebih sejalan dengan kebutuhan visual masa kini.

Konsep ini merubah logo menjadi lebih sederhana, tetapi tanpa menghapus kesan yang sudah ada. Saya mempertahankan apa yang orang sudah ingat dari logonya.

Saya juga melakukan beberapa iterasi desain agar lebih banyak pilihan pada simbolnya.



Saya merubah wordmark, dari huruf besar (kapital) menjadi huruf kecil. Tujuannya, selain sebagai update, juga untuk memunculkan kesan lebih friendly.

Dalam proses ini saya sadar bahwa simbol yang baru ini memiliki potensi mirip dengan yang lain. Karena ada sekian banyak simbol terkenal yang berwarna merah, dengan tanda plus atau silang. Jadi saya melakukan sedikit riset, dan it’s fine.

Redesain ini adalah bagian dari tugas saya ketika mengikuti kursus. Ya, saya sedang ikut kursus logo desain kepada Sagi Haviv di Domestika.  Logo Design: From Concept to Presentation. Domestika adalah platform kursus online seperti Coursera atau Skillshare.